Rak minimarket sleman

Rak gondola rak minimarket purwodadi
July 17, 2018
Rak minimarket
September 4, 2018

Rak minimarket sleman

Rak minimarket sleman – Pola berdirinya mini market disetiap daerah hampir sama, bila ada satu mini market berlabel “A” maka beberapa meter dari mini market tersebut berdiri mini market berlabel “ I ”

Sejauh yang saya ketahui, untuk mendirikan sebuah mini market di suatu wilayah, harus ada ijin dari pemerintah daerah setempat.

Beralih sejenak dari dampak persaingan yang dirasakan oleh pedagang tradisional, saya akan mengemukakan dampak adanya mini market ini sisi sebagai konsumen :

  1. Di perkotaan, mini market ini biasanya masuk hingga ke komplek perumahan, sehingga untuk berbelanja kebutuhan harian kita tidak perlu lagi jauh-jauh ke luar komplek. Begitu juga halnya dengan di daerah, warga setempat tidak perlu ke pusat pertokoan untuk berbelanja (catatan : bila di wilayah tersebut tadinya belum ada toko atau kios ).
  2. Dengan sistem swalayan, tempat yang bersih, barang ditata dengan rapi, membuat kita lebih nyaman untuk berbelanja.
  3. Dulu sebelum ada mini market agak susah mencari toko yang masih dibuka setelah jam 6 sore guna membeli keperluan mandi dan lain sebagainya. Namun dengan adanya mini market di da erah wisata tersebut, cukup memudahkan kita untuk berbelanja dengan harga normal (selisih harga tidak berbeda jauh dengan di kota) dan barang yang tersedia pun cukup lengkap.

Untuk dapat bertahan menghadapi menjamurnya mini market ini, maka pedagang tradisonal harus mampu mengimbangi kelebihan yang diberikan mini market kepada konsumen.Cara yang ditempuh pedagang tradisional untuk menghadapi persaingan ini berbeda-beda, diantaranya :

Menyediakan Barang Secara Lengkap

Cara yang dilakukan rekan saya untuk menyiasati kondisi persaingan ini adalah dengan berjualan apa saja, seperti supermarket kecil. Kiosnya berjualan sembako, alat-alat listrik, bahan-bahan bangunan, bahan dapur seperti rempah-rempah, ikan asin dan lain-lain.

Menurutnya, karena konsumen suka mendapatkan apa mereka cari, maka apa saja saya jual untuk melengkapinya.

Menerapkan Sistem Jemput Bola

Beberapa pedagang tradisional di daerah asal saya akhirnya memilih untuk berjualan dengan cara “kanvas” artinya berjualan dengan cara berkeliling ke kampung-kampung sambil membawa barang dengan kendaraan. Barang tersebut ditawarkan ke warung-warung yang ada dikampung, ada yang dijual secara tunai dan ada juga yang diberi tempo (utang).

Dengan sistem jemput bola ini maka para pedagang di pelosok kampung tidak perlu lagi ke kota untuk berbelanja, jadi bisa menghemat ongkos perjalanan.

Menerapkan Harga Lebih Murah

Saat ini harga masih menjadi pertimbangan utama seorang konsumen untuk memilih dimana ia akan berbelanja, tentu dengan kualitas barang yang sama.Beberapa pedagang tradisional yang saat ini mampu bertahan adalah yang berjualan dengan harga jauh lebih murah di banding dengan mini market.

Bisa menjual lebih murah tentu karena biaya operasional yang dikleuarkan oleh pedagang tradisional lebih sedikit daripada mini market dan sebagian pemasok masih banyak yang senang memasok barang ke pedagang tradisional, jadi harga mampu bersaing.

Selain dengan cara di atas, di lokasi perumahan saya, ada yang membuka usaha mirip dengan mini market yang di franchise khan itu, dan harganya pun jauh lebih murah, terutama untuk kebutuhan pokok.

Saat ini mungkin baru mini market yang menyediakan kebutuhan sehari hari yang menjamur di kota besar maupun kecil, besar kemungkinan ke depan akan muncul Franchise serupa untuk kebutuhan lain. Jadi, untuk dapat bertahan menghadapi persaingan usaha, seorang wirausahawan dituntut untuk kreatif dan pintar membaca keinginan konsumen.

Selain siasat dan strategi tersebut diatas, meniru model minimarket modern juga salah satu cara.

Dengan merubah toko konvensional menjadi toko modern / minimarket mungkin akan lebih bisa menghadapi persaingan saat ini.

Salah satu komponen yang penting adalah rak minimarket sleman , konsumen akan lebih leluasa dalam memilih barang yang akan mereka beli.

rak minimarket sleman menyediakan berbagai keperluan untuk minimarket.

 

 

 

 

 

INFO PEMESANAN

PURNAWAN

085641454242 ( WA )

081327224009

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *